Harapan Baru : Reorganisasi Kepengurusan Baru FAKP Periode 2019-2021

Panitia dan Kepengurusan Baru FAKP Periode 2019-2021

Menindaklanjuti telah habisnya masa kepengurusan periode 2017-2019 Forum Anak Kulon Progo (FAKP) kembali mengadakan agenda dua tahunan yaitu Reorganisasi. Kegiatan tersebut diselenggarakan pada tanggal 4 Mei 2019, bertempat di aula Perpusda Kulon Progo. Reorganisasi kali ini mengambil tajuk ‘’Pioneer Anak Kulon Progo’’. Menurut Agri Aryoko selaku ketua FAKP kepengurusan tahun 2017-2019 tajuk tersebut diambil karena merespon agenda revitalisasi dan reformasi di tubuh FAKP sehingga diharapkan kepengurusan baru ini akan menjadi pionir dalam agenda revitalisasi tersebut. Menurutnya kedepan FAKP akan melakukan banyak pembenahan dan pembaruan di tubuh FAKP, dengan mengadakan berbagai pelatihan bagi kepengurusan baru. Selain itu FAKP akan melakukan berbagai kegiatan yang lebih fresh, inovatif, dan lebih tepat sasaran.

Bertempat di aula Perpusda Kulon Progo, acara ini turut dihadiri Kepala Dinas Sosial Perlindungan Perempuan dan Anak Kulon Progo yaitu bapak Drs. Eko Pranyata selaku dinas yang mengampu Forum Anak Kulon Progo. Dalam kesempatan tersebut beliau sekaligus memberi banyak arahan bagi kepengurusan baru Forum Anak Kulon Progo.

Kepala Dinsos PPPA mengatakan bahwa diharapkan Forum Anak Kulon Progo sebisa mungkin dapat membuat hal-hal yang sederhana namun bermanfaat bagi anak-anak sehingga dapat membuat orang kagum untuk menilai FAKP. Selain itu beliau juga mengatakan bahwa diharapkan kedepan FAKP dapat turut serta dalam berbagai upaya pemenuhan hak anak walaupun secara sederhana dan dalam hal-hal yang paling dasar seperti identitas anak. Beliau juga berjanji kedepan akan lebih memperhatika  forum anak dan akan mengupayakan untuk dapat lebih memfasilitasi Forum Anak Kulon Progo.

Pemilihan Ketua dan Struktur Kepengurusan Forum Anak

Dalam acara tersebut, turut secara resmi ditetapkan perubahan dalam  struktur di kepengurusan FAKP terutama pada divisi-divisi kerja. Hal tersebut diputuskan setelah merespon hasil evaluasi kepengurusan sebelumnya. Diharapkan dengan pembaruan tersebut, kerja-kerja FAKP dapat lebih terarah dan tepat sasaran.

Melalui mekanisme voting akhirnya terpilihlah Aldina Noer A sebagai ketua FAKP kepengurusan 2019-2021, Bayu Ramadhan sebagai wakil ketua dan ;

Sekretaris 1 : Melia Fathika Rochmah (Pengasih)

Sekretaris 2 : Retno Ratri Syafitri (Panjatan)

Bendahara 1 : Fajar Nurisa Khoirini (Panjatan)

Bendahara 2 : Esti Lestari (Galur)

Koorinartor Divisi Humas Media dan Jaringan : Hafiizh Rayhan Wijaya (Galur)

Koordinator Divisi Riset dan Advokasi Hak Anak : Christina Dewi Dyas Saputri (Nanggulan)

Koordinator Divisi Sosial Masyarakat : Desty Fitria Purwanti (Nanggulan)

Koordinator Divisi Minat dan Bakat : Ervin Aritiyanto (Samigaluh)

Koordinator Divisi Pengembangan Sumber daya Manusia : Noor Suci Nugraheni (Galur)

Untuk staff divisi, anggota-anggota baru FAKP dipersilahkan untuk masuk berdasarkan minat dan ketertarikan masing-masing.

Agri Aryoko mengatakan bahwa hari ini selain terpilihnya kepengurusan baru, turut juga muncul harapan baru, dan semangat baru di tubuh Forum Anak Kulon Progo. ‘’Harapanku ke depan semakin terfasilitasi dengan baik dari pemerintah maupun stake holder lainnya.  Juga semakin terarah dan semakin terlihat perannya dalam berbagai bidang dengan reformasi struktur kepengurusan yang baru periode 2019-2021. Sehingga kata pioneer mampu menginspirasi anak-anak Kulon Progo’’ jelasnya.

Aldina Noer sebagai ketua FAKP Periode 2019-2021 terpilih, terlihat antusias menerima jabatan tersebut. ‘’Forum Anak Kulon Progo akan terus belajar, berproses, dan berkembang diiringi semangat optimis menuju Kulon Progo sebagai Kabupaten Layak Anak” jelasnya.

Syaiful Nuha sebagai salah satu supporting committee (SC) yang berisikan alumni-alumni Forum Anak Kulon Progo mengatakan “saya merasa antusias dan optimis melihat semangat dari anggota-anggota baru. Selain itu saya juga merasa optimis dengan konsep-konsep baru yang dinisiasi oleh kepengurusan lama dan SC. Semoga proses reformasi dan revitalisasi tersebut dapat membantu kepengurusan baru untuk bisa lebih mudah dan terarah dalam menjalankan organisasi dan dalam merancang program kerja kedepannya. Untuk itu kami dari SC dan kepengurusan lama akan turut berkomitmen untuk dapat membantu adik-adik kami di kepengurusan baru ini”.

Penandatanganan komitmen bersama kepengurusan baru
Serah terima jabatan secara simbolik kepengurusan lama kepada kepengurusan baru

Workshop “Program Planning”

Selain acara inti pemilihan pengurus baru, pada acara tersebut panitia juga menyisipkan acara program planning workshop. Hal tersebut dirasa sangat perlu agar kepengurusan baru mampu melakukan analisis kebutuhan organisasi serta mampu merancang program kerja dengan lebih tepat dengan segala tantangannya. Workshop kali ini diisi oleh Desi Rahmawati, seorang alumni forum anak nasional yang telah banyak pengalaman dalam merancang pengembangan forum anak dan pengembangan berbagai komunitas akar rumput.

Dalam workshop tersebut, kepengurusan baru FAKP belajar untuk mampu menggali potensi-potensi pribadi maupun organisasi, melihat tantangan dan cara menghadapinya, serta belajar untuk merancang program kerja dan strategi pelaksanaannya.

Kak Desi sedang mengisi workshop program planning

Sebagai pengingat, tentu perjalanan tidak dan belum berakhir di titik ini, masih ada harapan yang perlu dirawat bersama-sama.

You’ve got to be one that, wherever you are, like a flower, you’ve got to blossom where you’re planted. You cannot eliminate darkness. You cannot banish it by cursing darkness. The only way to get rid of darkness is light and to be the light yourself.

Cory Booker

Kami bergerak dan berfikir untuk anak!

8 Replies to “Harapan Baru : Reorganisasi Kepengurusan Baru FAKP Periode 2019-2021

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *