Tentang Kami

Kabupaten Kulon Progo, sebuah Kabupaten di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta merupakan salah satu kabupaten tertinggal di Indonesia baik dalam pembangunan maupun keuangannya. Begitu juga dengan isu dan permasalahan anak, bisa dikatakan masih sangat minor karena kalah dengan isu-isu lain. Namun demikian, tidak menjadikan kepedulian akan hak-hak anak sepenuhnya terabaikan karena masih ada segelintir pihak yang memberi perhatian. Mereka inilah yang tersatukan oleh Forum Anak Kulon Progo.

Embrio Forum Anak Kulon Progo adalah sekumpulan anak dari beberapa latar belakang, yaitu binaan LSM, aktivis anak, perwakilan OSIS dan eks Duta Kongres Anak Indonesia. Mereka telah banyak berkegiatan dengan Forum Anak di tingkat provinsi dan kabupaten lain sejak tahun 2008, namun belum mempunyai wadah yang resmi. Pada 15 November 2011, sekumpulan anak tersebut dengan dorongan dari FAD Jogja mengadaka nSarasehan Hak Anak bekerjasama dengan Bidang Pemberdayaan Masyarakat, Pemerintah Desa, Perempuan dan Keluarga Berencana Kabupaten Kulon Progo dan mitra funding dari Child FundIndonesia. Pada tanggal itulah Forum Anak Kulon Progo dibentuk secara resmi walaupun belum memiliki legalitas dan fasilitas.


”semua memiliki kesempatan untuk bernyala seterang mungkin dan membara sampai terbakar habis sebelum harinya datang”

Herry Sutresna – gutterspit.com

Saat ini di tahun kesembilannya, setelah melalui berbagai rintangan dan dengan berbagai rintangan baru, kami dengan semangat yang sama menyatakan bahwa kami masih ada dan berlipat ganda :))